logo blog

Apa Sajakah Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Kita?

Apa Sajakah Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Kita?

Apa Sajakah Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Kita?

Sirih atau nama latinnya (Pipper betle Linn) merupakan tanaman yang tumbuh merambat. Asal tanaman ini berasal dari Indonesia dan Hindia Barat.

Apakah anda sudah tahu apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan kita? Mungkin sebagian nya anda sudah tahu apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan kita. Nah, tadi saya sudah menjelaskan pengertian dan asal daun sirih. Sekarang saya akan menjelaskan manfaat daun sirih untuk kesehatan kita. Berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan kita serta cara penggunaan nya, simaklah dengan baik dan benar.

01. Menyembuhkan Sakit Mata

Daun sirih ini juga dapat menyembuhkan sakit mata. Dengan cara cuci terlebih dahulu daun sirih hingga bersih, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai air nya mendidih, kemudian angkat dan tunggu sampai ramuan nya dingin, setelah itu gunakan ramuan nya untuk mencuci dan merendam mata. Lakukan cara ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore sampai sembuh.

02. Melancarkan Buang Air Kecil

Caranya adalah jadikan daun sirih sebagai jus, lalu campurkan jus daun sirih dengan madu dan susu, kemudian diminum selama 1 minggu sekali.

03. Mengatasi Diare

Manfaat daun sirih yang selajutnya adalah mengatasi diare. Dengan cara sediakan 6 lembar daun sirih, 6 butir merica dan 1 sendok makan minyak, lalu tumbukkan ketiga bahan tersebut sampai halus, kemudian gosokkan lah pada perut. Lakukanlah cara ini secara rutin sampai diare nya sembuh.

04. Menyembuhkan Alergi

Manfaat daun sirih yang berikutnya adalah dapat menyembuhkan alergi. Caranya cuci daun sirih hingga bersih, lalu tumbukkan daun sirih dan bangle sampai halus dan rata, kemudian tuangkan minyak kayu putih dan aduk kan sampai merata, setelah itu oleskan pada kulit yang terkena alergi. Oleskanlah berulang kali sampai alergi nya sembuh.

05. Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih ternyata juga dapat menghilangkan bau badan lho. Caranya sediakan 5 lembar daun sirih, lalu direbuskan dengan menggunakan 2 gelas air, tunggu sampai mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas, kemudian di minumlah pada siang hari. Lakukanlah cara ini secara rutin sampai bau badan menghilang.

06. Mengobati Sakit Jantung

Manfaat daun sirih yang terakhir adalah mengobati sakit jantung. Caranya tumbukkan daun sirih, jintan putih, bawang merah dan biji kemukus sampai halus, lalu tambahkan dengan air dan adukkan sampai merata, biarkan selama beberapa menit, kemudian diperas dan disaring kan, setelah itu diminum 2 kali sehari.

Nah, itulah manfaat daun sirih untuk kesehatan kita. Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat buat anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

1 comment

untuk mengatasi keputihan juga bisa kan mba ? soal nya aku suka pake daun sirih hehe

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger