logo blog

Macam-Macam Manfaat Pepaya yang Bagus Untuk Kesehatan

Macam-Macam Manfaat Pepaya yang Bagus Untuk Kesehatan

Macam-Macam Manfaat Pepaya yang Bagus Untuk Kesehatan

Pepaya atau nama latin nya (Carica papaya Linn) merupakan tanaman yang termasuk dalam ke dalam famili Caricaceae. Oh ya sebelum itu saya mau nanya dulu ni sama kalian, apa kalian sudah tahu apa saja manfaat pepaya dan daun nya untuk kesehatan?

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu apa saja manfaat buah pepaya dan daun nya. Tumbuhan buah pepaya ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika selatan. Dan kini tumbuhan ini sudah menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk mengambil buahnya.

Nah, tadi saya sudah menjelaskan pengertian dan asal-usul tanaman pepaya ini. Sekarang saya akan menjelaskan manfaat buah pepaya serta daun nya untuk kesehatan kita. Berikut manfaat buah pepaya dan daunnya untuk kesehatan serta cara penggunaan nya:

01. Menyembuhkan Disentri

Cara penggunaannya, yaitu cuci daun pepaya sampai bersih terlebih dahulu, lalu rebuskan daun pepaya dan kopi bubuk dengan air, tunggu sampai air nya mendidih, kemudian aduk kan hingga merata, angkat dan dinginkan, lalu saringkan dan ambil air nya, setelah itu di minum. Lakukan cara ini secara rutin sampai penyakit disentri sudah sembuh sebanyak minum 1 kali dalam sehari, 1 cangkir.

02. Mengobati Hipertensi

Caranya sediakan 2 potong akar pepaya, lalu direbus kan dengan 1 liter air, tunggu sampai air nya mendidih dan tersisa menjadi 1 gelas, kemudian disaringkan dan ambil air nya, setelah itu diminum 2 kali dalam sehari, 1 cangkir.

03. Menyembuhkan Kanker

Caranya yaitu rebuskan daun pepaya dengan air, tunggu sampai airnya mendidih dan kecilkan api nya, lalu biarkan air nya tersisa menjadi lebih kurang 1 1/2 gelas, kemudian angkat dan disaring kan, lalu tuangkan madu dan adukkan sampai merata, setelah itu minum ramuan nya selagi hangat. Untuk pencegahan minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari yaitu tiap pagi, siang dan sore. Sedangkan untuk pengobatan minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan sore sampai sembuh.

04. Mengobati Malaria

Cara penggunaannya adalah sediakan 1 lembar daun pepaya, tempe busuk sebesar 1 jari dan garam secukupnya, lalu tumbuk semua bahan hingga halus, kemudian diperas dan disaringkan untuk ambil air nya, setelah itu diminum setiap hari 1 kali dalam sehari selama 7 hari.

05. Mengatasi Haid yang Berlebihan

Cara untuk mengatasi haid dengan menggunakan buah pepaya adalah sediakan buah pepaya yang masih hijau atau muda, lalu rebuskan dengan air, tunggu sampai masak, setelah itu di makan pepaya nya.

6. Mengobati Gangguan Saluran Kencing

Caranya adalah sediakan 3 potong akar pepaya yang panjang, lalu direbus kan dengan menggunakan 1 liter air, tunggu sampai mendidih, kemudian disaring kan, setelah itu di minum 1 kali dalam sehari sebanyak 1/2 gelas.

Nah, itulah manfaat buah pepaya dan daun nya untuk kesehatan kita. Anda juga bisa mencoba nya di rumah jika anda mengalami penyakit yang sudah disebutkan di atas dengan menggunakan salah satu cara yang sudah di jelaskan di atas dan cara penggunaan nya dengan menggunakan pepaya dan daun nya. Oh ya, serta juga ada manfaat akar pepaya untuk kesehatan kita dan cara penggunaan nya di atas. Nah, kalau begitu selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat buat anda, terima kasih.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.
Previous
This Is The Oldest Page

1 comment

pepaya bisa mengatasi haid yang berlebihan toh mba baru tahu :) aku suka banget sama pepaya penyakit aku susah BAB jadi hampir tiap hari makan pepaya hehehe

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger