logo blog

Manfaat Tanaman Daun Pegagan Untuk Kesehatan Kita

Manfaat Tanaman Daun Pegagan Untuk Kesehatan Kita

Manfaat Tanaman Daun Pegagan Untuk Kesehatan Kita

Pegagan atau nama latin nya (Centella asiatica Linn) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, tepi jalan, ladang, serta di pematang sawah. Tanaman ini berasal dari berbagai Negara di Benua Asia.

Daun pegagan ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, apa kalian sudah tahu apa saja manfaat-manfaat daun pegagan untuk kesehatan kita? Nah, jika kalian belum tahu, disini saya akan menjelaskan beberapa manfaat daun pegagan untuk kesehatan kita.

Jadi, simaklah dengan baik beberapa manfaat daun pegagan yang akan saya jelaskan dibawah ini. Serta ada juga cara penggunaan nya untuk menyembuhkan penyakit yang akan disebutkan dibawah ini. Berikut dibawah ini manfaat daun pegagan untuk kesehatan kita:

01. Menyembuhkan Kencing Manis

Manfaat daun pegagan yang pertama adalah menyembuhkan penyakit kencing manis. Caranya cucikan daun pegagan, murbei, kumis kucing, meniran dan juga petai cina sampai bersih, lalu rebuskan semua bahan tersebut dengan air, tunggu sampai mendidih dan biarkan menjadi setengah gelas, setelah itu baru diminum. Lakukanlah cara ini secara rutin setiap harinya sebanyak 3 dalam sehari.

02. Mengobati Penyakit Wasir

Daun pegagan ini juga dapat menyembuhkan penyakit wasir. Caranya sediakan 4-5 pohon pegagan dan sediakan juga 2 gelas air, lalu rebuskanlah daun pegagan tersebut dengan 2 gelas air tadi, kemudian tunggu sampai 5 menit, setelah itu ramuan siap untuk diminum. Lakukanlah cara ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi dan sore.

03. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat daun pegagan yang selanjutnya adalah dapat mengobati sakit kepala. Caranya, yaitu sediakanlah segenggam daun pegagan, lalu rebuskan dengan 1/4 sendok jinten serta segelas air, tunggu sampai air nya menjadi 1/2 gelas air, kemudian disaring kan untuk ambil air nya, setelah itu ramuan siap untuk diminum. Lakukanlah cara ini secraa teratur sampai sakit kepala anda menghilang.

04. Megobati Demam Nifas

Manfaat daun pegagan yang selanjutnya adalah mengobati demam nifas. Caranya cucikan terlebih dahulu daun pegagan hingga bersih, lalu tumbukkan daun pegagan sampai halus, kemudian tambahkanlah dengan air dan garam dan adukkan sampai merata, setelah itu disaring kan dan ramuan siap untuk diminum. Minumlah ramuan ini dengan rutin sampai demam nifasnya sudah sembuh yaitu pagi-pagi sebelum makan.

05. Menyembuhkan Radang dan Amandel

Manfaat daun pegagan yang terakhir yang akan saya jelaskan adalah menyembuhkan radang amandel. Caranya, yaitu ambillah segenggam penuh daun pegagan, lalu tumbukkan daun pegagan nya sampai halus, kemudian tambahkan dengan sedikit air dan garam, lalu saringkan dan ambil airnya, setelah itu diminum ramuan tersebut secara rutin setiap pagi sebelum sarapan.

Nah, itulah pengertian dari daun pegagan yang sudah saya jelaskan diatas tadi dan manfaat-manfaat daun pegagan untuk kesehatan kita serta juga sudah dijelaskan cara penggunaan nya. Nah, kalau begitu selamat mencobanya di rumah dan semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

No comments

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger