logo blog

Cara Terbaik Mencegah Stroke

Cara Terbaik Mencegah Stroke

Mencegah Penyakit Stroke Cara terbaik untuk mencegah penyakit stroke adalah dengan berolahraga secara teratur, makan makanan bergizi dan sehat, tidak mengonsumsi minuman keras secara berlebihan, disamping itu juga harus bisa menjaga pola makan. Makanan yang buruk adalah penyebab utama seseorang terserang stroke. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan garam tinggi harus dihindari. Makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan terjadinya penimbunan kolesterol di dalam arteri, obesitas, diabetes, dan darah tinggi yang semuanya merupakan pemicu stroke. Untuk konsumsi garam yang baik adalah sebanyak 6 gram atau satu sendok teh perhari.

Olahraga secara teratur dapat membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efisien. Olah raga juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan serta tekanan darah pada tingkat yang sehat.

Tingkat kolesterol yang disarankan para ahli kesehatan adalah 5 milimol/liter darah, sedangkan tekanan darah yang sehat berada di kisaran 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Tekanan darah diukur menggunakan dua bilangan. Bilangan pertama mewakili tekanan jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh atau dikenal sebagai tekanan sistolik. Sedangkan bilangan kedua mewakili tekanan jantung saat beristirahat untuk menunggu kontraksi atau detak jantung berikutnya dan ini dikenal sebagai tekanan diastolik.

Aktivitas aerobik seperti bersepeda dan jalan cepat selama dua setengah jam tiap minggu sangat disarankan. Namun bagi mereka yang baru sembuh dari stroke, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai kegiatan olahraga. Olahraga teratur biasanya mustahil dilakukan di beberapa minggu atau bulan pertama setelah stroke, namun Anda sudah bisa

Sedangkan makanan yang disarankan bagi kesehatan adalah makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, protein, vitamin, dan serat. Seluruh makanan tersebut bisa Anda peroleh pada sayur, buah, gandum, dan daging rendah lemak seperti dada ayam.

Berikut ini adalah daftar makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, ada baiknya untuk dihindari :
  •     Potongan daging berlemak
  •     Makanan atau minuman yang bersantan
  •     Krim
  •     Kue dan biskuit
  •     Makanan yang mengandung kelapa atau minyak sawit
  •     Keju
  •     Mentega
Agar kadar kolesterol dalam tubuh Anda berkurang, maka diet anda juga harus dala kondisi seimbang. Diet seimbang mencakup makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, di antaranya terdapat di bawah ini :
  •     Buah avokat    
  •     Minyak ikan
  •     Minyak zaitun, minyak nabati, 
  •     Minyak dari bunga matahari, serta biji rapa
  •     Kacang dan biji-bijian


Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

No comments

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger