logo blog

Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Asam Urat

Ciri Ciri dan Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala Gejala Penyakit Asam Urat Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai, sebab jika sudah meradang maka penyakit ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.Penyakit ini adalah penyakit sejenis radang sendi, dan diakibatkan karena natrium urat yang mengkristal pada bagian dalam ataupun pada sekitar sendi manusia. Penyakit ini juga dikenal dengan nama lain penyakit Gouw atau pirai dan asam urat hanyalah satu contoh dari begitu banyak variasi penyakit radang sendi, kesemuanya merupakan penyakit yang berlainan.

Tanda lain dari serangan penyakit asam urat adalah pegal pada pinggang dan kencing tidak lancar. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya asam urat berhubungan langsung dengan darah . Darah yang mengandung asam urat disaring dan dibersihkan melalui ginjal . Sedangkan ginjal terletak di sisi kiri dan kanan pinggang bagian depan .

Sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki) merupakan gejala penyakit asam urat atau penyakit gout yang paling umum. Seringkali penderita penyakit ini kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang sangat mengganggu. Meski dapat muncul kapan saja, gejala seringkali terasa di malam hari.

Selain gejala yang disebut di atas, gejala penyakit asam urat lainnya adalah:
  • Pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi yang mengalami radang.
  • Kulit di atas sendi yang terlihat memerah dan mengilap.
  • Rasa sakit yang tidak tertahankan terutama ketika sendi tersentuh benda apa pun, bahkan jika tersentuh selimut sekali pun.
  • Saat radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut terlihat mengelupas dan terasa gatal.
  • Sendi-sendi yang sering mengalami serangan penyakit asam urat

Sendi-sendi yang terletak di ujung anggota badan bersifat rentan terkena serangan penyakit asam urat, terutama jempol kaki. Serangan pada bagian tersebut dialami sekitar tujuh puluh persen penderita untuk pertama kalinya,dan sebagian besar merasakan sakit di beberapa titik jempol kaki mereka.

Kendati begitu, penyakit asam urat dapat menyerang sendi mana pun dan bisa menyerang lebih dari satu sendi dalam waktu bersamaan, terlebih jika tidak diobati. Selain jempol kaki, sendi-sendi yang rawan serangan penyakit asam urat adalah:
  •     Pergelangan kaki
  •     Kaki bagian tengah
  •     Lutut
  •     Pergelangan tangan
  •     Jari tangan
  •     Siku
Menurut informasinya, sebanyak enam dari sepuluh penderita mengalami serangan berulang dalam kurun satu tahun. Meski penderita bisa mengalami kambuh tiap beberapa minggu, bulan, atau tahun, namun kapan terjadinya serangan penyakit asam urat sulit diprediksi.

Biasanya gejala berkembang secara cepat dalam tempo beberapa jam dan berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari. Setelah itu, rasa sakit dan tidak nyaman pada sendi akan berangsur-angsur menghilang dan sendi akan normal kembali.

Ada beberapa penderita yang mungkin hanya merasakan serangan penyakit asam urat beberapa kali saja dalam hidup mereka. Namun pada sebagian besar penderita lainnya, serangan  makin meningkat dari waktu ke waktu, dan bahkan bisa menyerang sendi-sendi yang baru.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

No comments

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger