logo blog

Gigi Ngilu Tiba Tiba Apa Obatnya

Gigi Ngilu Tiba Tiba Apa Obatnya

Gigi Ngilu Tiba Tiba Apa Obatnya

Pernah merasakan gigi ngilu secara tiba-tiba dan bingung apa obatnya ? Tentunya sebagian orang pernah mengalami hal tersebut, saya sendiri pernah mengalami hal tersebut dan tentu sakitnya lumayan cenat cenut. Berhubung seringkali kejadian itu berulang akhirnya ketemu juga cara untuk mengurangi rasa sakit itu. Sederhana sih cara atau metodenya. Pertama tama saya kenali dulu faktor penyebab timbulnya gigi linu, untuk kasus saya sendiri yang menajadi faktor penyebabnya ada dua. Pertama minum es, terus terang saya suka es sehingga tiada hari tanpa es, susah meninggalkan minuman dingin ini apalagi kondisi sekarang cukup panas. Kedua, faktor minuman manis. Tapi nggak tau kenapa ini nggak terjadi semua pada minuman manis, kalau pakai gula biasa dan teh eceran yang di warung, nggak muncul ngilu jika minum itu. Kecuali minuman minuman kemasan yang manis, ada beberapa yang menyebabkan gigi ngilu. Jadi dugaan saya mungkin di faktor gulanya yang akhirnya mempengaruhi, dan perlu dicatat ini nggak berlaku buat semua minuman kemasan, hanya produk produk tertentu yang akhirnya rasa manisnya itu membuat bikin ngilu.

Mengenai cara mengobati atau mengurangi rasa sakit, saya coba dengan menetralisir atau menghilangkan bekas-bekas sisa minuman yang masih ada di area mulut, biasa hanya dengan berkumur kumur. Syukur syukur dengan air hangat biasanya reaksinya lebih cepat dan ini terbukti masih efektif sampai sekarang. Boleh dicoba kok, barangkali hal ini juga berlaku bagi anda bagi yang giginya bermasalah atau dikenal dengan istilah gigi sensitif.

Seputar Gigi Sensitif
Gigi terasa ngilu atau istilah kedokteran dengan gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu.

Faktor faktor yang menyebabkan Gigi Ngilu antara lain :
  • Mulut kering dan produksi air liur sedikit
  • Sering mengalami gigi gerinding saat tidur
  • Infeksi gusi yang terus menerus
  • Lubang pada gigi.
  • Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang.
  • Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi.
  • Radang pada gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan plak.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam atau manis (sifatnya keras)
Masalah gigi sensitif sebetulnya bisa diatasi yakni dengan menggunakan pasta gigi mengandung potassium nitrat and strontium chlorida. Tidak sebatas itu juga dianjurkan agar tidak lekas menyikat gigi setelah makan. Menyikat gigi setelah makan bisa memicu terjadinya gigi sensitif karena PH di dalam mulut mengalami penurunan. Sehingga ada baiknya menunda menggosok gigi setelah makan atau melakukan sikat gigi 25 menit setelahnya. Saat menggosok gigi gunakan bulu sikat yang lembut tanpa harus menggosok dengan kuat.

Jika masalah gigi sensitif terus menganggu, lakukan konsultasi dengan dokter agar dilakukan perawatan lebih intensif untuk mengurangi pergerakan cairan dalam tubuli dentin dan menghambat respon ujung-ujung saraf penyebab nyeri.Menggosok gigi setidaknya dua kali sehari sudah menjadi salah satu ritual keseharian kita.“Upacara” itu setidaknya mampu mencegah hadirnya plak, biang keladi sejumlah masalah di mulut.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

1 comment

Lakukan perawatan gigi secarab teratur..american Dental Association menyarankan teknik-teknik menyikat gigi dengan benar yaitu...
https://www.sayasehat.id/article/detail/1242/perawatan-gigi

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger