logo blog

Makanan Pantangan Buat Asam Urat

Makanan Pantangan Buat Asam Urat

Makanan Pantangan Buat Asam Urat Asam urat sendiri merupakan limbah yang terbentuk karena pemecahan zat purin pada sel tubuh manusia. Setiap harinya, asam tersebut akan dibuang dari dalam tubuh melalui kerja organ ginjal. Jika jumlah yang dibuang itu lebih sedikit dibandingkan jumlah produksi, sisanya pun akan menumpuk pada sekitar sendi, dengan bentuk kristal tajam natrium urat. Penumpukan serta pembentukan kristal selama bertahun-tahun inilah yang bahaya dan tidak kita sadari dan akan menjadi dasar serangan asam urat.

Kristal yang menumpuk bisa membentuk gumpalan keras atau Tofi dan Tofi ini mengakibatkan kerusakan di tulang rawan sendi beserta sekitarnya. Apabila tak segera disembuhkan, maka dapat mengarah ke kerusakan sendi yang bersifat permanen. Jika ini yang telah terjadi, sendi pun akan terasa sakit dan kaku saat dicoba digerakkan.

Demikianlah informasi singkat mengenai proses terjadinya penyakit asam urat. Dengan mengetahui berbagai informasi penting mengenai penyakit asam urat, Anda jadi bisa lebih berhati-hati lagi dalam mencegah penyakit ini. Karena penyakit ini bisa menyerang siapa pun, apalagi yang pola makannya sembarangan dan asal pilih makanan. Dan bagi yang sudah terlanjur terkena asam urat, informasi ini bisa berguna dalam mencegah penyakit ini bertambah parah. Terutama terkait juga dengan makanan makanan yang sebaiknya dihindari.

Makanan Pantangan Penderita Asam Urat
Seperti disebutkan sebelumnya jika seseorang yang menderita penyakit ini tidak boleh makan sembarangan makanan. Berikut daftar makanan pantangan yang harus dihindari oleh pasien asam urat antara lain :
  • Macam makanan laut.
  • Jeroan, contohnya babat, ginjal, usus, limpa, paru-paru, otak dan hati. Memang jeroan merupakan makanan yang tidak menyehatkan dan sebaiknya dihindari.
  • Ekstrak daging, penderita asam urat juga sebaiknya menghindari konsumsi dendeng dan abon.
  • Kelelawar dan burung
  • Makanan kalengan, pasien asam urat sebaiknya juga menghindari macam-macam makanan kalengan, contohnya ikan sarden, kornet sapi, daging babi dan daging sapi.
  • Angsa, kalkun dan bebek.
  • Daging babi, daging kambing, daging sapi, daging anjing, daging kuda dan daging kerbau.
  • Makanan yang kaya protein, darah dan lemak.
  • Macam buah-buahan tertentu, contohnya air kelapa, nanas dan durian.
  • Makanan yang bersantan ataupun digoreng, juga yang dimasak menggunakan mentega atau margarin.
  • Macam kacang-kacangan, contohnya kacang tanah, olahan kacang kedelai, emping atau melinjo, tauge dan kacang hijau.
  • Sayur-sayuran, contohnya bayam, kembang kol, buncis, asparagus, jamur kuping, daun pepaya, daun ubi atau singkong, lombok atau cabe dan sayur kangkung.
Dibalik sebuah pantangan pasti ada yang namanya saran yang bermanfaat untuk Anda. Adapun saran bagi Anda yang terkena penyakit asam urat diantaranya dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat potasium tinggi, seperti yogurt, kentang dan pisang. Kemudian memperbanyak mengkonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti pepaya, jeruk, dan strawberi. Contoh sayuran serta buah yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit asam urat: jahe, sawi putih, sawi hijau, labu kuning, tomat, serai, buah naga, dan blimbing wuluh.

Sebisa mungkin untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa, seperti arum manis, gula, gulali, permen dan sirup. Kemudian jangan bekerja terlalu keras hingga mengakibatkan kelelahan pada tubuh sehingga tubuh menjadi lemah. Dan tentu saja sesuaikan asupan energi sesuai berat badan dan tinggi badan Anda.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

No comments

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger