logo blog

Manfaat Buah Sawo Pelengkap Program Diet Anda

Manfaat Buah Sawo Pelengkap Program Diet Anda

Manfaat Sawo Pendukung Program Diet Anda

Manfaatkan buah sawo sebagai pelengkap program diet anda. Buah sawo dengan istilah latin Manilkara Zapota merupakan tanaman yang berasal dari Meksiko tepatnya di Guatemala dan juga dari Hindia Barat. Dibawa oleh penjajah Spanyol sehingga akhirnya buah ini sampai ke Filipina yang kemudian menyebar masuk ke Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Tidak heran jika di Asia Tenggara jenis buah sawo ini dikenal dengan sebutan Sawo Manila

Buah sawo  yang memiliki aroma yang harum dan rasanya manis ini, memang sangat mudah di dapat di sekitar kita terutama di pasar pasar tradisional. Dalam bahasa Inggris, Sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota. Buah Sawo memiliki kandungan mineral cukup baik dan juga merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Pada buah sawo juga dapat kita temui kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah: riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, Sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan. Di dalam buah sawo juga terkandung vitamin E, kita tentu tahu kulit kita sangat membutuhkan vitamin ini. sebab dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

Menurunkan berat badan tidak selalu harus dengan penderitaan yang membuat anda harus mengikat kencang tali di perut anda. Bagi para orang yang sedang melakukan program diet yang perlu dilakukan adalah mengenali kebutuhan tubuh. Kegemukan yang terjadi karena tidak mengenal kebutuhan tubuh, sehingga memasukan segala makanan ke dalam perut. Membuat makanan tersebut tidak diolah dengan baik dan tidak bisa dibuang dengan baik pula. Berarti anda memerlukan serat. Manfaat sawo untuk diet adalah buah ini menyediakan serat yang akan menyukseskan diet alami anda.

Buah lokal yang satu ini mungkin kurang terkenal dibandingkan mangga misalnya. Padahal, buah yang baik untuk diet kandungan seratnya kaya, yang berarti sawo baik untuk kesehatan pencernaan. Sawo juga sumber zat besi yang baik. Jumlah zat besi yang disarankan bagi wanita dewasa dalam Widyakarya Pangan dan Gizi 2004 adalah sekitar 26 mg. Mengingat kalori yang dikandungnya tinggi, jangan makan terlalu banyak agar tak mengganggu diet.

Selain bermanfaat untuk penunjuang diet buah sawo juga bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah sawo mempunyai kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Sehingga jika mengkonsumsi buah sawo dengan rutin dapat membantu memelihara kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi kita. Namun, meskipun buah sawo kaya akan kalsium dan fosfor, tidak pula dianjurkan balita yang mengkonsumsinya, hal ini karena akan mengganggu proses pencernaannya. Tulang yang sehat dan kuat merupakan tabungan yang sangat berharga untuk kita di hari ini dan nanti setelah tiba masa tua. Tulang yang tidak mudah rapuh akan mampu menyangga tubuh.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

1 comment

Pendukung diet to prawie jak dietomat.pl

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger