logo blog

Mengatasi Perut Mual dan Kembung dengan Jahe

Mengatasi Perut Mual dan Kembung dengan Jahe

Mengatasi Perut Mual dan Kembung dengan Jahe

Tanaman obat jahe bisa dikatakan sebagai obat tradisional atau herbal yang secara efektif dapat menghalau terjadinya mual dan mengurangi ketidaknyamanan pencernaan secara umum walaupun tetap diperhatikan dalam hal dosisnya karena memang tidak boleh berlebihan. Banyak cara untuk menikmati obat alami tersebut. Jika anda tidak terbiasa dengan menikmati jahe segar yang panas dan pedas, Anda dapat mengakalinya dengan mengolahnya sebagai campuran. Dengan menyeduh teh hangat dengan irisan tipis jahe, dipercaya dapat memberikan dosis yang lebih ringan bagi perut. Jangan memberikan dosis jahe yang besar pada perut Anda, karena dapat membuat perut teriritasi dan menyebabkan diare.

Beda negara beda pula cara menikmati jahe. Penduduk Amerika lebih gemar menikmati jahe jika telah diolah dalam rupa permen, minuman ataupun kue. Secara tradisional, penggunaan jahe dapat meliputi penyembuhan masalah perut, mengurangi sakit gigi, rematik, dan diare. Para dokter di zaman China kuno juga sudah menggunakan jahe guna pengobatan kolera. Pengujian ilmiah menegaskan efektivitas jahe dalam mengobati masalah pencernaan, termasuk menghilangkan mual.

Minyak volatile pada jahe menciptakan rasa ramuan dan efek obat. Pengujian pada hewan dan manusia menunjukkan minyak pada jahe meringankan mual pagi hari dan mabuk serta mual akibat kemoterapi dan anestesi, menurut Informasi Dr. Kathi J. Kemper, dari Longwood Herbal Task Force. Pengujian tidak mengkonfirmasi jahe sebagai pengobatan yang efektif untuk lambung atau perut kembung. Dalam pengujian laboratorium, jahe menunjukkan efek antibakteri dan anti-jamur. Jahe mengandung sejumlah besar anti-oksidan zingerone dan dapat melindungi jaringan tubuh dari kerusakan oksidasi.

Namun terlalu banyak jahe justru dapat meningkatkan gangguan lambung, karena mengiritasi lapisan mukosa lambung. Jumlah yang dibutuhkan untuk mengobati mual tergantung pada massa tubuh. Gunakan jahe hanya hingga 2.000 mg sehari. Jangan menggunakan lebih dari 1 gram jahe bubuk hingga empat kali sehari. Teh yang dibuat dari 2 sendok makan jahe segar aman untuk mengurangi gejala pilek dan gejala flu, namun pastikan Anda minum tidak lebih dari tiga cangkir dalam sehari.

CARA MENGATASI PERUT KEMBUNG DENGAN JAHE
Cara membuat obat perut kembung alami dari jahe adalah dengan menyiapkan 3 potong jahe kemudian cuci bersih, setelah bersih jahe dipukul sampai gepeng, kemudian masukkan dalam gelas berisi air panas, setelah dibubuhi gula aduk rata, segera minum dalam keadaan masih hangat.

TIPS MENCEGAH PERUT KEMBUNG

  • Kurangi konsumsi makanan yang dapat menimbulkan gas di dalam perut, seperti kol, brokoli, bawang, cabai, dan buah sitrus.
  • Hindari stres, makan dengan terburu-buru, serta kebanyakan minum saat makan.
  • Konsumsi buah nanas dan asparagus. Nanas mengandung enzim bromelin yang dapat membantu fungsi pencernaan. Sedangkan asparagus, merupakan probiotik yang dapat memfasilitasi bakteri baik, yang berguna dalam mengurangi kelebihan gas di dalam usus.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

No comments

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger