logo blog

Tanda Hamil Kosong dan Pencegahannya

Tanda Hamil Kosong dan Pencegahannya

Tanda Hamil Kosong dan Pencegahannya Hal ini sering dinamakan dengan Kehamilan kosong yaitu ketika wanita mengalami kondisi sedang hamil akan tetapi tidak ada janin di dalam rahim. Kehamilan kosong yang dikenal dengan istilah Blighted Ovum, yaitu kondisi yang membuat wanita merasa bahwa dirinya sedang hamil akan tetapi di dalam kandungan tidak terdapat janin . Bagi wanita yang mengalami kehamilan kosong akan merasakan sama seperti halnya dengan wanita hamil lainnya yaitu mengalami tanda-tanda kehamilan. Tanda kehamilan yang umum dirasakan kebanyakan orang diantaranya adalah muntah, mual, pembesaran buah dada, terlambat menstruasi bahkan pada test kehamilan menunjukan positif. Bahkan pada wanita yang mengalami kehamilan kosong plasenta juga menghasilkan hormon kehamilan, HCG .

Bagi seorang wanita yang mengalami Blighted Ovum itu akan ditandai dengan berhentinya berkembangnya kantung uterus. Embrio di dalamnya tidak mengalami perkembangan kemudian mata, sehingga bahan-bahan atau produk kehamilan ikut gugur .
Selanjutnya tanda yang dialami oleh wanita dengan kehamilan kosong adalah adanya bercak-bercak kecoklatan seperti menstruasi akan tetapi warna lebih pekat. Bahkan hingga mengalami pendarahan dalam jumlah yang banyak dan tidak jarang berlangsung secara spontan. Fase keguguran secara spontan ini dialami oleh 50% kehamilan blighted ovum. Janin tidak berkembang sehingga mekanisme tubuh dengan cara alami mengeluarkannya.Kebanyakan wanita hamil tidak menyadari tanda blighted ovum /keguguran spontan ini.

Mengenai tanda kehamilan kosong sulit untuk dicermati tanpa bantuan medis. Satu-satunya untuk mengetahui tanda kehamilan kosong adalah dengan melakukan pemeriksaan USG.Pada kehamilan normal pada usia delapan minggu denyut jantung sudah dapat terdengar dan embrio harus terlihat pada pada usia kehamilan enam minggu.

Bagaimana Penangannya jika ditemukan Kehamilan Kosong ?
Jika ditemukan kehamilan kosong maka jalan yang harus dilakukan adalah dengan kuretase. Tindak lanjut kuretase pada kehamilan kosong tetap harus dilakukan persiapan yaitu dengan serangkaian cek darah dan puasa.Hanya saja untuk kuretase wanita akan mengalami siklus haid yang terhenti sementara selama 4-6 minggu. Anda tidak perlu khawatir siklus menstruasi akan kembali normal setelah periode tersebut.

Kehamilan kosong dipicu karena adanya penyebab di lingkungan atau diantara massin-masing pasangan. Salah satu resiko terjadinya kehamilan kosong diantaranya adalah kelainan kromosom, mengalami perubahan sel sprema ataupun sel telur, infeksi ToRCH, infeksi rubella, sait kencing kelainan imunologi ataupun gangguan kesehatan yang berhubungan dengan diabetes mellitus

Salah satu periode yang dapat mempertinggi terjadinya kehamilan kosong yaitu usia dari calon ibu dimana kualitas sel telur wanita semakin memburuk. Meskipun hanya terjadi satu kali saja pada setiap wanita akan tetapi kehamilan kosong harus dicegah

Untuk pencegahan kehamilan kosong dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menjaga kebersihan wanita . Pentingnya untuk wanita menjaga kebersihan sekitar alat kewanitaan. Bahkan disarankan untuk wanita melakukan imunisasi agar terhidar dari virus rubbella. Bahkan bagi wanita yang merencanakan kehamilan harus dilakukan konsultasi dan pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Dengan demikian tanda-tanda kehamilan kosong sangat sulit dibedakan tanpa menggunakan permeriksaan kesehatan. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan bidan atau dokter kandungan untuk lebih mengetahui kondisi anda, hal ini dikarenakan setiap individu memiliki keadaan fisik dan psikis yang berbeda-beda saat mengalami kehamilan. 

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

1 comment

Bisa gitu ya,,,
Kalo hamil anggur sama hamil diluar kandungan itu sama ya...

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger