logo blog

Manfaat Semut Jepang Mitos atau Fakta

Manfaat Semut Jepang Mitos atau Fakta

Manfaat Semut Jepang, Mitos atau Fakta

Semut Jepang sendiri tergolong dalam Spessies Tenebrio Molitor yang merupakan satu marga dengan Polyergus samurai. Dari pencarian info di beberapa sumber, ada yang mengatakan bahwa Semut Jepang adalah nama lain dari Ulat Hongkong dan Kutu Beras, yang  ternyata setelah di lakukan penelitian dan perbandinagan antara Semut Jepang, Ulat Hongkong dan Kutu Beras memang mempunyai karakteristik bentuk tubuh yang hampir sama tapi pada dasarnya 3 nama ini adalah serangga yang berbeda. Jadi sangat tidak benar jika dikatakan Semut Jepang itu sama dengan Ulat Hongkong dan Kutu Beras.

Adapun perbedaan yang dapat dilihat yaitu pada ukuran tubuh, cara bergeraknya, corak garis disayapnya. Jika dibndingkan dengan Kutu Beras, ukuran dan warna tubuhnya hampir sama namun kutu beras ukuran tubuhnya lebih sedikit besar dan memiliki moncong, sedangkan Semut Jepang tidak memiliki moncong. Jika Kutu Beras memiliki bau yang tidak sedap, beda halnya dengan Semut Jepang yang sama sekali tidak berbau. Jika dibandingkan dengan Ulat Hongkong bentuk tubuh Semut Jepang lebih kecil, tidak mampu terbang, garis disayap sangat lembut, tidak nampak secara visual, serta yang lain semut jepang tidak lebih keras dari ulat hongkong, semut jepang lebih rapuh dan lunak, untuk itu anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi semut jepang, karena akan hancur dan lumat dengan sendirinya oleh asam lambung yang diproduksi secara almiah oleh lambung kita.


Beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki oleh semut Jepang, antara lain :
  • Bentuknya mirip dengan kutu beras yang berbadan keras
  • Berkaki enam dan memiliki sepasang antena
  • Melalui 4 fase dari telur hingga menjadi serangga dewasa
  • Tidak bisa terbang meskipun bersayap
  • Hidup berkoloni
  • Cepat bereproduksi
  • Bukan jenis hewan kanibal atau pemakan sesama

Manfaat dan khasiat Semut Jepang sebagai berikut :
  • Menjadikan kadar kolesterol dalam darah normal bagi yang memiliki kadar kolesterol dalam darah yang cukup tinggi.
  • Dapat meringankan dan mengobati penyakit jantung. (silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter anda)
  • Bisa meringankan dan mengobati asam urat, bagi yang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.
  • Membuat tekanan darah menjadi stabil bagi yang memiliki penyakit darah tinggi/hypertensi.
  • Menjadikan kadar gula dalam darah stabil bagi para pengidap penyakit diabetes.
  • Menambah vitalitas bagi pria dan wanita yang memiliki aktivitas jam kerja yang tinggi dan sibuk setiap harinya, membuat tubuh lebih bugar.

Sejauh ini kandungan semut jepang dalam mengobati beberapa jenis penyakit belum terbukti dan belum ada penelitian medis dengan metode yang terstandar yang membuktikan efektivitasnya. Oleh sebab itu kami belum dapat memastikan bagaimana khasiat bahan ini terhadap beberapa jenis penyakit. Dari berbagai sumber menyampaikan memang bukan Semut Jepang itu aman dikonsumsi tetapi tolong berhati - hati karena ditakutkan akan terjadi kasus dimana Semut yang dikonsumsi adalah Semut yang berbahaya dan dapat membunuh karena asam semutnya. Beberapa dokter menyampaikan bahwa kita harus jeli dan pintar dalam memahami mengenai Semut Jepang ini, dan beliau tidak menyarankan untuk mengkonsumsinya karena ditakutkan akan memberikan dampak negatif dalam tubuh walau memang belum adanya bukti mengenai hal tersebut.

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

2 comments

Fakta. Bahwa semut jepang sedang digandrungi masyarakat . Jika memang belum ada penelitian tentang hal itu hal tersebut merupakan salah satu peluang bagi para peneliti kita.

Betul sekali, mudah mudahan agar ada yang segera merealisasikan

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger