logo blog

Alzheimer Menyerang Usia Muda Bisa kah?

Alzheimer Menyerang Usia Muda Bisa kah?

Bisakah Alzheimer Menyerang Usia Muda Meskipun dari berbagai data yang ada penyakit ini biasanya muncul pada orang yang usianya 60 tahun ke atas dan jumlahnya meningkat pada usia 80 tahunan. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini dapat dialami seseorang yang masih berusia 40 sampai 50 tahunan. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit alzheimer pada usia muda juga dapat terjadi.

Penyakit Alzheimer mulai menyerang banyak manusia berusia muda ini yang terjadi di Wilayah Jawa Barat, sebelumnya, penyakit Alzheimer banyak ditemukan pada orang berusia di atas 60 tahun. Namun, kini sudah banyak ditemukan pada orang berusia 40 sampai 47 tahun sudah terdeteksi mengidap penyakit yang menyerang saraf otak tersebut.

Konsultan pada Asosiasi Alzheimer Indonesia, Prof. dr. Yustiani Dikot Sp S(K) mengatakan itu ketika ditemui seusai Diskusi “Understanding Alzheimer” yang berlangsung di @America, Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (4/9/2013).
Seseorang dikatakan terjangkit Alzheimer karena mengalami penimbunan plak dan tangles (lilitan protein tertentu, red) di otaknya hingga mematikan sel-sel otak dan membuat volume otak mengkerut. Perlahan namun pasti, plak dan tangles ini akan terus mematikan daya fungsi otak hingga menyebabkan kematian.

Pertama-tama, timbunan plak dan tangles itu akan menghapus memori sehingga seseorang menjadi pelupa atas sesuatu yang baru terjadi pada dirinya. Kemudian, plak dan tangles itu juga mematikan daya fungsi otak untuk membedakan warna dan bentuk, serta kesulitan membuat keputusan.

Alzheimer sendiri merupakan salah satu jenis demensia. Sekitar 50%-60% penderita demensia adalah penderita Alzheimer. Ada empat gejala yang mudah dikenali, yaitu jika penderita mulai terganggu dari aspek memori, atensi, eksekusi, dan bahasa. Jika penderita mulai menunjukkan dua dari empat gejala itu, harus segera diperiksa agar dapat terdeteksi sejak awal.

Yustiani menyarankan agar siapapun, terutama kaum muda tidak mengabaikan gejala Alzheimer dengan cara melakukan deteksi dini penyakit tersebut. Setelah deteksi dini, dokter dapat menyarankan tes lanjutan untuk mengetahui sebab-sebab patologis berupa timbunan plak dan tangles di otak penderita. “Deteksi dini dengan tes singkat. Kalau skornya rendah, langsung dikirim ke rumah sakit untuk diperiksa,” katanya.

Di Bandung, layanan pemeriksaan alzheimer telah tersedia di beberapa rumah sakit. Yustiani mengakui bahwa tes ini masih mahal karena tergolong baru. Sebelumnya, deteksi plak dan tangles di otak hanya bisa dilakukan setelah penderita meninggal dunia, yaitu dengan cara membedah otaknya.

Psikiatri Geriatri di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Martina Nasrun SPKJ (K) mengatakan hingga saat ini belum diketahui secara jelas penyebab munculnya plak dan tangles yang menyerang otak pada penderita Alzheimer. Yang lebih membahayakan lagi, obat penawar plak dan tangles di otak itu juga belum ditemukan.

Menurut dia, penderita diabetes memiliki risiko tinggi terserang Alzheimer. Selain itu, seseorang dengan kolesterol darah yang tinggi, obesitas, dan hipertensi juga memiliki risiko terserang Alzheimer lebih tinggi.

Pengetahuan masyarakat mengenai penyakit alzheimer di Indonesia tergolong rendah. Walau saat ini telah teridentifikasi ada lebih dari 1 juta orang menderita alzheimer. Sejak tahun 2000, di Indonesia mulai berdiri sebuah Asosiasi Alzheimer Indonesia yang kemudian berkembang menjadi Alzheimer Indonesia (Alzi) sebagai organisasi yang aktif melakukan kampanye penyadaran bahaya alzheimer di Indonesia.

Jika anda melihat gejala alzheimer pada diri anda maupun orang yang anda sayangi, segera konsultasikan ke dokter terdekat. Jangan tunggu hingga plak dan tangles itu menggerogoti otak,

Share this:

Enter your email address to get update from Semisweet Book Blog.

No comments

Portal khusus membahas tips dan trik kesehatan dan kecantikan, silakan berbagi opini Anda tentang artikel ini, Terima Kasih telah berkunjung.

Copyright © 2015. Semisweet Book Blog - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger